Blogger Tricks

Friday, May 31, 2013

>>>PENCARIAN JATI DIRI

     Komposisi geografis Indonesia terdiri dari 75% Lautan dan sisanya adalah Daratan. Kalau dibandingkan dengan komposisi tubuh manusia maka akan terlihat adanya kemiripan, Sekitar tiga perempat pembentuk jasadnya adalah berupa zat cair. Keuntungan dari keadaan tersebut yakni  sebuah karakter dinamis dan aktif yang dimilikinya.
     Sang Pencipta sendiri menempatkan manusia sebagai hasil karyaNya yang paling sempurna. Maka tidakkah kemiripan komposisi itu membuat Indonesia bersyukur dan bangga dengan keadaannya. Ya... dengan tersedianya laut yang luas maka dinamika masyarakat dalam bentuk perdagangan antar pulau menjadi lebih terbuka. Dalam skala lebih luas Indonesia menjadi pasar sekaligus sumber dari aliran perdagangan  barang dan jasa di seluruh dunia.
     Ribuan pulau yang tersebar adalah rangkaian mutiara. Kekayaan laut dan daratannya begitu besar. Budaya dan tradisi yang dimiliki sangat beragam memberi isyarat bahwa sejarah Indonesia masa lampau telah akrab dengan proses akulturasi dari berbagai bangsa di seluruh dunia. Sebelum mengikatkan diri dalam bingkai Negara Indonesia ratusan suku bangsa tadi telah terbentuk dan eksist di wilayahnya masing-masing, sehingga akan membutuhkan energi lebih besar untuk mempertalikan mereka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di sinilah sebuah Ideologi memegang peranannya.
     Sesungguhnya jati diri Indonesia adalah Pancasila, sebuah ideologi yang unik namun bersifat universal. Fahamnya adalah sosialis, namun ia bukanlah komunis apalagi fasis. Mainstreamnya adalah kesetaraan, duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Mengakui perbedaan dan keragaman namun menjunjung tinggi persatuan. Ibarat organ-organ dalam tubuh manusia dengan bentuk dan fungsi berbeda namun terkoordinasi dengan baik dalam satu irama.

No comments:

Post a Comment