Blogger Tricks

Saturday, June 13, 2015

>>>ZAMAN TELAH BERPIHAK

     Tidak seperti beberapa dekade sebelumnya, perkembangan iptek lima tahun terakhir menunjukkan perubahan dan perkembangan menguntungkan bagi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Teknologi informasi memberi dampak sangat positif terhadap pola komunikasi dan interaksi sosial masyarakat. Setiap orang dapat memperoleh informasi dan saling memberi kabar satu sama lain dalam tempo singkat. 
img. Kemajuan Teknologi Informasi
     Bisa dibayangkan, andai saja kondisi jalur komunikasi saat awal-awal kemerdekaan telah seperti sekarang, mungkin fitnah dan tragedi-tragedi kebangsaan yang disebabkan oleh penyesatan informasi tak perlu lagi terjadi. Monopoli sumber dan jalur informasi telah mencegah massa rakyat memperoleh informasi akurat serta berimbang tentang hal-hal sensitif dan strategis. Mereka dipaksa menelan informasi sepihak tanpa diberi hak serta kesempatan bertanya saat menemukan kejanggalan dalam sebuah peristiwa.

     Namun, di sisi lain ternyata potensi perpecahan bangsa dapat pula dipicu oleh penyebaran berita burung (hoax) dalam media sosial saat ini. Proses demokrasi dalam hajatan pilpres tahun 2014 bisa dijadikan pelajaran untuk mendewasakan diri menyikapi perbedaan pilihan. Toh semua calon sudah pasti adalah figur terbaik bangsa.

     Kedewasaan kita sebagai bangsa akan memberi peluang bagi keberpihakan zaman. Sebab zaman hanya akan berpihak pada bangsa-bangsa yang selalu mampu beradaptasi dan berkontribusi positif terhadap derasnya arus perubahan. Kecerdasan memilih dan memilah setiap informasi adalah syarat mutlak bagi sebuah kedewasaan berbangsa.


No comments:

Post a Comment