Blogger Tricks

Monday, September 2, 2013

>>>BAYANGAN NYATA

     Terdapat gejala praktek-praktek halusinasi dalam politik dan pemerintahan Bangsa ini, dimana seseorang akan nampak bertingkah dan berperilaku mengikuti gerakan bayangannya sendiri. Padahal semestinya, bayanganlah yang bergerak meniru langkah individunya.
     Maksud dari gambaran di atas adalah terlihat pada lembaga-lembaga formal kelengkapan negara yang digerakkan dan dikendalikan oleh keputusan-keputusan informal, yang sebelumnya telah diambil melalui rapat-rapat dan mekanisme di luar sistem pemerintahan. Dalam praktek peradilan pihak-pihak ini sering disebut Markus atau Makelar Kasus. Namun sesungguhnya praktek-praktek seperti itu dapat bekerja dan terorganisir dengan baik pada bidang-bidang pemerintahan lainnya. Sebut saja kasus jual beli pasal dalam rancangan dan penetapan sebuah Undang-Undang.
     Sangat ironis jika perjalanan sebuah bangsa telah sampai pada masa-masa kritis seperti ini. Seperti mayat berjalan yang dikendalikan oleh pihak-pihak tertetu yang memiliki akses, kekuatan dan pengaruh luar biasa sehingga mampu mengatur sampai kepada urusan-urusan dalam negeri sebuah bangsa. Bangsa seperti ini pastilah sebuah bangsa yang tanpa jiwa, tanpa kesadaran terhadap Ideologi kebangsaannya, tanpa harga diri dan sebuah bangsa yang tak kenal akan jati dirinya sendiri.
     Untuk membalikkan keadaan ini segala pikiran dan tindakan harus dikerahkan sekuat-kuatnya untuk kembali mengenali jati diri kita dan menghidupkan lagi Ideologi Pancasila sebagai jiwa bangsa dan pandangan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah ideologi yang berazaskan perkemanusiaan dan perikeadilan sehingga tak akan mudah dibeli hanya dengan iming-iming harta dan limpahan materi. 


No comments:

Post a Comment