Blogger Tricks

Sunday, March 6, 2016

>>>NUSA ANTARA

     Nusantara adalah sebuah negeri kepulauan yang diapit oleh dua benua dan dua samudera. Ia terambil dari kata Nusa Antara. Nyatanya negeri ini tak semata demikian dalam hal letak geografis. Nusa Antara juga tergambar pada karakter manusia-manusia penghuni negeri ini.
     Karakter mereka berada di antara manusia rimba dan nelayan pesisir, petani dan penambang, suku tradisional dan masyarakat moderen, hamba sahaya dan juragan kaya, antara mistik dan sains hingga pada kekolotan beragama dan kebebasan yang kebablasan.
img.  Letak Strategis Nusantara
     "Kita mampu memadukan malaikat dan setan dalam situasi sangat damai. Kita bisa menjajarkan kebaikan dan keburukan dalam suatu harmoni yang indah. Kita mampu mendamaikan kesedihan dengan kegembiraan, kesengsaraan dengan pesta pora, krisis dengan joget-joget, keprihatinan dengan kesombongan, kemelaratan dengan kemewahan...." tulis Cak Nun dalam kolomnya. 
     Itulah sebabnya kita dapat menemukan berbagai bentuk keragaman dalam hal apa saja di negeri ini. Segala usaha untuk menggiring keragaman ke arah keseragaman hanya akan berakhir sia-sia. Kodrat nusantara adalah keragaman dalam harmoni. Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tapi satu, dalam lambang negara Garuda Pancasila sangat lugas mematri hal tersebut. 
     Kita tak akan pernah nyaman dalam hidup yang serba hitam putih. Ketakteraturan yang tertib, mungkin bisa menggambarkan kecenderungan perilaku orang Indonesia secara umum. Berusaha taat pada hukum sementara aparat penegak hukum sendiri malah berlaku sebaliknya. Beragama tapi korup, ilmiah namun mistis, terang tanpa cahaya, gelap namun memikat, konsisten dalam inkonsistensi. Segala hal selalu berada dalam wilayah antara, Nusa Antara.
     Mungkin suatu saat para malaikat akan kebingungan menentukan akhir kehidupan orang Indonesia, apakah masuk surga atau nyemplung ke neraka. Selanjutnya, makhluk suci tersebut akan mengusulkan kepada Sang Pencipta sebuah tempat khusus bagi warga Nusantara, yaitu sebuah tempat antara surga dan neraka. Gila, segitu spesialnya orang Indonesia..!! 
*****

No comments:

Post a Comment