Blogger Tricks

Wednesday, May 13, 2015

>>>RADIKALISME KEBEBASAN

     Kata radikal dalam pengertian bebas merupakan sebuah pikiran maupun tindakan yang meniadakan respect atau penghargaan kepada faham atau keadaan lain/berbeda. Singkatnya, nilai yang ditawarkan adalah absolut. Respect kepada audiens berupa sekumpulan manusia ditiadakan sama sekali. Bisa disimpulkan bahwa nilai radikal adalah nilai absolut manusia-manusia pengusungnya. Adapun manusia lain dengan nilai dan pemahaman berbeda, bukanlah dianggap manusia atau paling tidak derajatnya lebih rendah daripada sekolompok manusia pengusung nilai absolut tersebut.
img. Kebebasan Memiliki Batas
     Dari ciri-ciri di atas terlihat beberapa persamaan dengan kecenderungan persepsi seorang FASIS. Fasisme memiliki kecenderungan untuk menghilangkan respect atau penghargaan kepada manusia lain dari latarbelakang dan budaya berbeda. Kebebasan radikal tanpa rambu-rambu dan norma kemanusiaan adalah sepadan dengan sikap fasis. Kebebasan absolut adalah sebuah bentuk fasisme dan radikalisme.

     Dalam konteks universal, sebuah tindakan radikal akan beresonansi dengan reaksi radikal pula. Sehingga jika sebuah reaksi radikal terjadi maka pertanyaan pertama yang seharusnya terlontar adalah, siapakah pemicunya...? Sebuah tindakan yang dimotifasi oleh kebencian, suka atau tidak suka akan menuai kebencian pula. Sehingga akar dari seluruh kebencian di bumi ini adalah kebencian itu sendiri.

     Api dapat dipadamkan dengan air, demikian pula kebencian dapat dihilangkan dengan rasa cinta dan kasih. Media dengan berita provokatif dan menyebar kebencian, bad news is good news, sesungguhnya sedang menawarkan bensin dalam kemasan air mineral. Anda baru tersadar saat menuangkannya di atas bara api, namun sayang semuanya telah terlambat. Tangan anda terlanjur melepuh. Petunjuknya adalah, buanglah sampah pada tempatnya..!! Jangan sampai berceceran.... Jangan membagi sesuatu yang anda ingin orang lain TIDAK membacanya..!!


No comments:

Post a Comment