Blogger Tricks

Saturday, August 10, 2013

>>>WARISAN SISTEM KERAJAAN

     Sistem dan pola kehidupan bermasyarakat dalam negara Indonesia bersumber dari kebiasaan dan perilaku-perilaku yang telah dianut sejak masa nenek moyang beratus-ratus bahkan beribu-ribu tahun yang lampau. Pengaruhnya begitu dalam dan kuat mengakar dalam diri masyarakat sehingga butuh waktu yang lama untuk beradaptasi ke dalam sebuah sistem dan bentuk negara moderen seperti sekarang.
     Walaupun negara Indonesia berbentuk Republik, tidak bisa dipungkiri bahwa praktek-praktek yang terjadi dalam hubungan masyarakat dengan pemerintahnya menyerupai tata cara dan hirarki pada masa kerajaan-kerajaan itu masih ada. Seorang Presiden bukan hanya dianggap sebagai seorang Kepala Pemerintahan melainkan sekaligus sebagai Raja tempat mereka mengabdi. Seorang Presiden adalah juga ‘Dewa’ mereka yang tak pernah salah dan ‘Titah’nya  berarti sebuah Undang-Undang.
     Jika sebuah sistem tidak berjalan dengan baik dalam sebuah masyarakat maka pertanyaannya adalah; apakah sistem tersebut sudah tepat untuk dipilih atau apakah masyarakatnya yang belum faham dan mengerti terhadap sistem yang berlaku, karena sistem baru itu benar-benar berbeda dengan kebiasaan-kebiasaan yang diwariskan oleh nenek moyang mereka terdahulu? Jika masalahnya pada pernyataan terakhir tadi maka tugas para pemimpin negeri inilah untuk segera “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”nya.

No comments:

Post a Comment