Blogger Tricks

Friday, November 22, 2013

>>>GENERASI YANG HILANG (2)

img01. Peristiwa 17 Agustus 1945
     Dengan berpatokan pada peristiwa Proklamasi Kemerdekaan 1945 dapat dilacak momentum antar generasi berikutnya yaitu di sekitar peristiwa Gestapu 1965. Peristiwa Gestapu terjadi 20 tahun setelah proklamasi dikumandangkan. Sedangkan peristiwa penting setahun berikut adalah diterbitkannya Surat Perintah 11 Maret (Supersemar) 1966 yang berkisar  21 tahun sejak momentum bersejarah sebelumnya.
     Secara de facto pemerintahan Bung Karno telah tamat saat beliau menandatangani Surat Perintah yang kemudian disalahgunakan tersebut. Kudeta merangkak yang menyusul peristiwa tersebut menandai awal lahirnya Orde Baru. Sebuah era baru yang ditandai dengan pembantaian ratusan ribu rakyat tak berdosa dengan cara biadab tanpa proses pengadilan yang wajar.
img02. Satu setengah Generasi
     Orde Baru juga menjadi era terlama dalam sejarah kekuasaan di Indonesia. 32 tahun adalah usia yang setara dengan satu setengah generasi anak bangsa. 1987 adalah tahun ideal untuk sebuah peralihan generasi, namun hal tersebut tidak terjadi. Sebelas tahun setelah tahun tersebut (1998) barulah sebuah generasi reformis berhasil menumbangkan kekuasaan yang telah jauh melampaui usia generasinya sendiri.
     Dari titik tahun 1998 ini dapat kita perkirakan bahwa momentum peralihan generasi selanjutnya berkisar pada tahun 2019, yakni 21 tahun setelah tumbangnya rezim Orde Baru. Jika tidak ada peristiwa luar biasa yang mendahuluinya maka tahun tersebut merupakan tahun peralihan kekuasaan melalui mekanisme Pemilu terjadwal. Sebab Pemilu sebelumnya akan terjadi segera di tahun 2014 yang akan datang.
     Tahun 2019 adalah tahun kritis sebab merupakan tahun terakhir sebelum memasuki tahun 2020 yang menurut mitos akan ditandai dengan peristiwa luar biasa. Sebuah peristiwa yang disetarakan dengan peristiwa penting di tahun-tahun 1717, 1818 dan 1919 pada abad-abad sebelumnya.
Bersambung.. 


No comments:

Post a Comment