Blogger Tricks

Saturday, January 10, 2015

>>>SILA KELIMA

     Keadilan adalah perkara memberi, bukan menerima. Keadilan hanya bisa tercapai saat seluruh masyarakat telah memiliki kemampuan untuk memberi. Sekali lagi, memberi, bukan meminta. Gairah meminta-minta malah banyak menghinggapi orang berkecukupan. Hilangnya kemiskinan tak menjamin keadilan sosial serta-merta terwujud. 
img01. Keadilan Sosial
     Dalam masyarakat yang lebih banyak menuntut hak daripada menunaikan kewajiban, keadilan akan semakin mustahil diwujudkan. Semangat memberi adalah sugesti terbaik bagi cita-cita keadilan sosial. Tanyakanlah apa yang telah anda berikan untuk negara, bukan sebaliknya. Tak perlu segan menggunakan slogan J.F. Kennedy, presiden Amerika yang kesohor itu.

     Keadilan hanya akan tumbuh saat disertai dengan pemerataan di segala bidang. Pemerataan pendidikan dan akses terhadap pendidikan itu sendiri merupakan ibu dari seluruh usaha pencapaian cita-cita kebangsaan. Diskriminasi pendidikan perlu terus dicegah serta dihindarkan dari kecenderungan kuat komersialisasi. Pendidikan berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, sehingga negara wajib mengambil peran yang lebih signifikan.
img02. Pendidikan adalah IBU keadilan
     Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Tugas kita adalah memastikan bahwa setiap pergantian pemerintahan membawa kita lebih dekat kepada cita-cita tersebut.


No comments:

Post a Comment