Blogger Tricks

Friday, June 5, 2015

>>>KERAGAMAN adalah TENAGA

     Bhinneka tunggal ika. Keragaman dalam harmoni. Itulah kekuatan utama negeri kita. Keragaman membuat kita sulit untuk dikendalikan dan digiring oleh kekuatan jahat. Para perusuh harus mengeluarkan lebih banyak usaha dan biaya untuk mengendalikan sesuatu yang banyak dan beragam. Lebih mudah melobby sekumpulan anggota dewan daripada ribuan pemimpin informal di luar sana. Pilkada langsung menjadi gambaran betapa sulitnya menduga dan menggiring opini jutaan kepala yang berisi ide, keinginan serta kebutuhan masing-masing.
img. Diversity needs Harmony
     Untuk mengendalikan massa yang banyak dan beragam, satu-satunya cara adalah dengan lebih dulu menggiring pikiran mereka kepada dua atau lebih kelompok utama (elit). Setelah itu, tinggallah melobby elit-elit tersebut. Partai yang sangat bergantung pada sebuah figur dan satu kelompok elit akan mudah dikendalikan serta dimanipulasi. Bung Hatta mengingatkan untuk menghindari bentuk perjuangan seperti ini. Rakyatlah yang harus bergerak, rakyatlah yang mesti terdidik lebih dulu, rakyat pulalah pada akhirnya yang berhak menentukan arah perjalanan negeri kita.

     Usaha-usaha penyeragaman, pada kondisi dan tahap tertentu, patut dimaknai sebagai sebuah usaha penyederhanaan objek kendali. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan agenda kekuasaan. Rakyat harus dididik dan diberdayakan untuk merespon setiap masalah sebagai seorang individu. Rakyat harus mandiri di segala bidang. Dengan demikian, keragaman akan menjadi daya gerak di bidang ekonomi dan sosial masyarakat. Perbedaan selalu merangsang gerak alir dan dinamika, seperti air dan angin yang selalu bergerak mencari titik-titik keseimbangannya. Dinamika dan gerak adalah pertanda utama sebuah kehidupan. Keragaman adalah tenaga yang menggerakkan nafas kemanusiaan.


No comments:

Post a Comment