Blogger Tricks

Sunday, August 2, 2015

>>>OVER REACTION

Energi kemarahan mampu membuat seseorang bereaksi berlebihan terhadap suatu persoalan. Hal mana pada gilirannya akan memicu balasan serupa dari pihak lain. Mirip pendulum yang membutuhkan tambahan energi untuk tetap bergerak dan sebaliknya tak membutuhkan apa-apa selain waktu agar mampu mencapai titik keseimbangannya (diam).
img. Over Reaction
Rasa dendam merupakan bentuk energi negatif. Ia akan merusak tatanan sosial masyarakat. Sebabnya adalah dendam memotifasi seseorang untuk bertindak subyektif terhadap suatu persoalan. Akibatnya, respon berlebihan seringkali terjadi saat kita berhadapan dengan pihak lain yang kebetulan sedang bermasalah dengan kita. Keadilan tak dapat ditegakkan dalam masyarakat yang memelihara dendam, baik dendam individu maupun dendam kelompok. Dendam hanya akan memicu dendam balasan tanpa akhir.

Kerusuhan berlatar belakang dendam etnis, agama, ras dan kelompok masyarakat tak akan terjadi jika saja rasa dendam dalam setiap pribadi maupun kelompok telah berada pada titik terendahnya. Saat seluruh elemen masyarakat menyadari bahwa sebenci apapun mereka kepada seseorang atau kelompok lain tak akan membuatnya kalap mata serta berlaku tak adil.
Seharusnya, tak perlu ada lagi sentimen suku, agama, ras dan antar kelompok. Seluruh issu bernada provokatif mampu teredam oleh kebesaran jiwa rakyat Indonesia, seperti telah diajarkan oleh para leluhur di masa lalu, saat menerima kedatangan saudara-saudara mereka dari berbagai belahan dunia. So, keep calm and say goodbye to over reaction...!!


No comments:

Post a Comment