Blogger Tricks

Thursday, August 6, 2015

>>>KEJUJURAN

     Sejarah sebuah bangsa amat menentukan arah pejalanan negerinya sendiri. Sejarah adalah data base, ia memberi input kepada sebuah program bernama sistem sosial. Sebuah masyarakat yang terus dicekoki dendam sejarah tak akan pernah mampu berjalan dengan aman dan nyaman. Setiap saat bara dendam dapat disulut oleh hal-hal sepele dan tak masuk akal.
img.  Menanam Kejujuran
     Sebuah rezim bisa saja mengubur dan memutarbalikkan sejarah. Namun mereka lupa bahwa kejujuran dan kebenaran itu dikawal oleh waktu. Sehingga pada saatnya nanti musim berganti, kebenaran sejarah akan muncul dan menampakkan dirinya sendiri tanpa mampu dicegah oleh kekuatan manapun. Kebenaran sejarah merupakan sebuah keniscayaan.
     Bung Karno berujar bahwa sejarah jugalah nanti yang akan membersihkan namanya. Sebuah kesadaran dari seorang pemimpin bangsa yang telah dikhianati oleh bangsanya sendiri. Kesadaran akan adanya kekuatan asing yang berkolaborasi dengan para pengkhianat untuk merusak dan menghancurkan segala mimpi dan harapan Bung Karno kepada bangsa yang teramat dicintainya.
     Terdapat sebuah pepatah bugis kuno yang menekankan makna sebuah kejujuran dan sikap fleksibel, lentur serta konsisten dalam pengungkapannya. Kejujuran besifat abadi dan berkorelasi positif dengan kebenaran. Pengingkaran terhadap kejujuran dan kebenaran hanyalah penundaan bagi kemunculannya. Sejarah dan waktu jualah yang akan mengungkapnya ke permukaan.      

takkan 
mati 
KEJUJURAN 
itu
*****
Takkan runtuh yang DATAR
Takkan putus yang KENDUR
Takkan patah yang LENTUR
(Nenek Mallomo)


No comments:

Post a Comment