Blogger Tricks

Friday, October 4, 2013

>>>DENDAM SEJARAH, PENTINGKAH ITU?

     Sejarah suatu bangsa adalah sebuah takdir dari yang Maha Kuasa. Pahit dan manis perjalanan itu bukanlah hal yang selalu penting untuk dikenang, sebab pesan-pesan dari sejarah itulah yang seharusnya lebih kita ingat dan kita resapi.
     Mempertanyakan dan mencari-cari siapakah dalang dari setiap peristiwa bisa saja dianggap penting sebagai usaha pelurusan sejarah. Tapi cukup sampai di situ saja. Sebab lebih dari itu maka hikmah dari sejarah yang semestinya kita petik dan kita pelajari akan segera berubah menjadi cikal bakal perasaan dendam terhadap pelaku di setiap peristiwa sejarah utamanya yang berkaitan dengan aspek Pengkhianatan dan Makar.
img 01. Bersepeda
     Menelusuri siapa dalang makar yang pernah terjadi bisa digambarkan dengan mencari tahu siapa di antara 4 orang teman yang menyenggol sepeda anda ketika anda berlima sama-sama belajar bersepeda di sebuah lapangan. Anda mungkin segera dapat menemukan jawabannya namun yang melekat di benak anda bukanlah rasa sakit ketika terjatuh dari sepeda saat itu dan siapakah pelakunya. 
     Yang terkenang pada diri kita adalah rasa senang tak terkira karena setelah melalui peristiwa menyakitkan tersebut anda berlima saat ini dapat berkonvoi dengan motor roda dua bersama tanpa harus takut untuk terjatuh dan bersenggolan lagi seperti dulu. Sebuah kebersamaan yang jauh lebih berkesan dan bermakna ketika sang lima sekawan masih bisa melalui saat-saat indah bersama di hari-hari dan kehidupan selanjutnya. Masa-masa yang lebih indah dan tak akan terlupakan.

Sepahit apapun sejarah menghantui hidup, 
jangan sampai ia menghalangi kita 
untuk bisa menggapai mimpi indah 
di kehidupan mendatang. 

Demikian pula semanis-manisnya sebuah sejarah 
janganlah membuat kita terlena sehingga lupa 
untuk memandang jauh ke depan, 
ke arah perjalanan kita 
yang masih akan dipenuhi 
cobaan dan tantangan.

     Lantas, apa gunanya dendam sejarah itu dipelihara jika hanya akan menghalangi kita untuk bisa merasakan kebahagiaan pada sisi kehidupan yang lainnya..? Kata maaf sejatinya akan menjadi pembebas, membebaskan jiwa dari beban sejarah masa lalu dan kemudian mengajak kita untuk dapat memulai babak selanjutnya dengan senyuman dan dengan hamparan cahaya kemenangan. 


No comments:

Post a Comment