Blogger Tricks

Friday, June 21, 2013

>>>PERTARUNGAN

     Sudah menjadi hukum alam bahwa siklus dalam sebuah ekosistem akan terus berjalan sebagai sebuah dinamika kehidupan yang telah ditetapkan oleh-Nya. Interaksinya bisa digambarkan sebagai sebuah rantai makanan. Kematian satu species akan berarti kehidupan bagi species lainnya. Dalam skala lebih besar dapat dengan mudah kita saksikan bahwasanya ideologi dan faham-faham yang ada akan saling memangsa satu sama lain. Demikian pula halnya terjadi dengan faham atau ideologi Pancasila sebagai ruh Negara Kesatuan Republik Indonesia.
img.  Pertarungan
     Kondisi lemah menjadi prasyarat sebuah individu atau kelompok untuk menjadi mangsa bagi yang lain. Maka dapat difahami jika ideologi Pancasila dalam keadaan tidak berakar dengan baik dalam diri bangsanya dengan mudah akan menjadi santapan lezat bagi mereka-mereka yang berfaham sempit dan radikal. Baik yang bersumber dari kekuatan dalam negeri sendiri apalagi faham-faham yang berasal dari negara luar.
     Piala yang diperebutkan oleh faham dan ideologi ini tak lain adalah sebuah hal bernama “Penguasaan sumber-sumber ekonomi” yang dalam dunia hewan disebut dengan makanan atau mangsa untuk menyambung hidup. Begitulah faham dan ideologi sempit tercipta, dengan menggunakan kacamata binatang, tanpa jiwa dan tanpa rasa perikemanusiaan.

No comments:

Post a Comment