Blogger Tricks

Saturday, June 15, 2013

>>>PLAGIAT dan PEMBAJAKAN

     Jiwa yang dangkal akan menyangkal kebenaran. Hati penuh noda akan mengotori kemurnian mutiara. Dengan alasan motif ekonomi sejumlah ‘serigala’ menodai ilmu pengetahuan dan mencabik-cabik imajinasi karya cipta anak negeri. Sudah sering terdengar, lagu-lagu dan karya tulis yang dipersembahkan dengan tulus oleh para pencipta dan penemunya telah dibajak, diciplak, dan dikomersilkan oleh tangan-tangan jorok, busuk, penuh nanah dan keserakahan dengan hati yang kosong tanpa jiwa.
img.  Anti Pembajakan
      Mereka mencoba mengelabui Sang Khalik yang hendak mengangkat derajat orang-orang beriman dan berilmu. Para penyebar cahaya yang telah menampakkan suara dan pesan-pesan alam semesta telah mereka jarah melalui cara-cara tak bermoral, bodoh serta hina. Bukankah Sang Khalik maha mengetahui apa yang ada di depan maupun segala sesuatu yang mereka sembunyikan di belakang mereka..?
     Lihatlah negara-negara yang mengagungkan para pencipta dan penemu seni dan ilmu pengetahuan, bukankah industri-industri mereka ditopang oleh riset dan imajinasi para seniman dan pemikir-pemikir jenius yang mereka miliki? Tengoklah cara-cara mereka menjaga dan memelihara dengan hati yang tulus kemurnian karya-karya bangsa mereka sendiri. Pandanglah seberapa banyak harta dan penghargaan yang mereka berikan kepada putra-putri cemerlang mereka. Para insan cemerlang yang sesungguhnya telah mewarnai kebudayaan dan peradaban negara-negara maju saat ini maupun bangsa-bangsa yang pernah berjaya pada zamannya di masa lalu.
     Para ahli telah mendefenisikan kebudayaan sebuah masyarakat yang mencakup sistem sosial, sistem hukum, sistem ekonomi dan sistem politik. Namun derajat dan tingkat kebudayaan sebuah masyarakat atau bangsa ditentukan oleh seberapa maju dan setinggi apa seni dan ilmu pengetahuan yang telah mereka capai dan mereka miliki. Bangsa kita selayaknya belajar bahwa cara untuk mensejajarkan diri  kita dengan bangsa lain dapat dilihat dari seberapa jauh bangsa ini menghargai para pencipta seni, para penemu tehnologi dan para penganjur kebenaran. Seberapa banyak usaha telah kita dilakukan untuk menjamin kesejahteraan dan penghidupan yang wajar bagi mereka. Salah satu ukuran sederhana adalah seberapa serius pemerintah mencegah dan memusnahkan kegiatan-kegiatan ilegal berupa plagiat dan pembajakan di bumi nusantara kita tercinta.


No comments:

Post a Comment