Blogger Tricks

Friday, January 31, 2014

>>>TATANAN KESEIMBANGAN BARU

     New world order telah dimodifikasi oleh Bung Karno dengan pidato bersejarahnya di depan Sidang Umun PBB XV, 30 September 1960 dengan teorinya to Build the World a New.  Respon positifpun berdatangan utamanya dari negara-negara dunia ketiga. Sebuah kumpulan negara yang berusaha terbebas dari pilihan antara dua kutub kekuasaan saat itu.
img01. Impian Dunia Baru
     Kedua kekuatan kolaborator kekerasan dan pencinta perang saat itu akhirnya bersekutu untuk menghancurkan potensi kekuatan baru yang dipelopori Bung Karno ini. Sasaran utamanya siapa lagi kalau bukan negara pertama yang memerdekakan dirinya tepat setelah Perang Dunia II berakhir. Sebuah negara yang akhirnya menginspirasi negara-negara jajahan untuk bangkit membebaskan diri dari cengkeraman kolonial. Tokoh-tokoh penganjur perdamaian dan pembela kemanusiaan menjadi target utama para pembunuh bayaran. Gandhi, Kennedy dan Bung Karno tak luput dari incaran hamba-hamba kapitalis maupun sosialis. Mungkin hanya Bung Karno seorang yang berhasil lolos dari skenario-skenario pembunuhan spektakuler mereka.

     New World Order adalah konspirasi yang bersumber dari keserakahan dan pemaksaan kehendak. Sedangkan konsep to Build the World a New merupakan gagasan untuk tindakan bersama menuju tatanan yang lebih harmonis, selaras, seimbang dan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan. Setiap bangsa berhak mengelola potensi alam masing-masing dan mempergunakannya untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat di dalam negeri. Adapun penggunaan kemanfaatan untuk negara lain akan diatur dalam hukum perdagangan internasional yang adil, bermartabat dan saling menghargai.

     New World Order yang arogan dan otoriter merupakan manifestasi dari hukum rimba yang biasanya berlaku dalam dunia hewan. Yang kuatlah yang menjadi pemenang dan pengendali segalanya. Sedangkan konsep Bung Karno adalah manifestasi dari Pancasila yang menekankan kepada azas gotong-royong dan kesetaraan segenap bangsa di seluruh dunia. Konsep to Build the World a New sejatinya adalah Tatanan Keseimbangan Baru bagi kehidupan antar bangsa di masa depan. Sebuah gagasan cerdas yang dipelopori oleh seorang Putera Pertiwi, walaupun pada kenyataannya konsep ini terlontar di sela-sela tangisan ibunya sendiri.


No comments:

Post a Comment