Blogger Tricks

Wednesday, March 18, 2015

>>>MANUSIA DAN HEWAN

     Hewan hanya mengenal makan, sex dan perang. Sedangkan manusia dilengkapi dengan empati. Manusia bukanlah sesuatu yang masuk dalam siklus rantai makanan. Maka, ia sebenarnya tak perlu membunuh sesama untuk makan. 
     Manusia hanya perlu berbagi. Keserakahan akan memicu nafsu berperang, sebab hak manusia lain terampas. Berperang, sekali lagi bukanlah ciri manusia berbudaya. Manusia ditugaskan untuk mencipta dan menopang kehidupan. Bukan untuk merusak dan menghancurkan. 
img01. Manusia dan Hewan
     Perang selalu dapat dicegah dengan kesediaan berbagi. Mengurangi sebagian untuk menambah yang lain. Mundur sedikit kemudian menggapai kawan sejalan. Mengambil sesuatu agar bisa memberi pada orang lain. Menangkap namun melepas di saat bersamaan. Bukan malah menyimpan atau menyembunyikan hak saudaranya.

     Manusia adalah makhluk sosial. Kemampuannya bersosialisasi dengan beragam manusia lain sangat jauh di atas hewan manapun. Namun, manusia seringkali berperilaku di luar jati diri kemanusiaan itu sendiri. Ia lebih mengikuti nafsu kehewanan dalam dirinya. Pikir dan Rasa dalam diri manusia telah memudar. Padahal, manusia hanya perlu menjadi diri sendiri, menjadi manusia sejati, menjadi makhluk kreatif yang menopang kehidupan.


No comments:

Post a Comment