Blogger Tricks

Sunday, July 31, 2016

>>>KESADARAN adalah MATAHARI

     Kesadaran adalah Matahari (WS. Rendra). Dengan kesadaran segala hal menjadi terang benderang. Yang buruk nampak jelas, yang baik terlihat terang, yang remang-remang nampak bersih. Kesadaran membuat manusia mampu berjalan ke arah yang benar. Kesadaran pun berguna untuk menyikapi persoalan secara proporsional. Kesadaran mampu membedakan kabar burung dan fakta.
     Kesadaran adalah Matahari. Ketika kesadaran memudar itu pertanda mentari telah menjelang senja. Kegelapan pun menanti. Bersiaplah mencari penerang alternatif. Mungkin ia bernama "Tuntunan Ilahi". Tuhan adalah cahaya di atas cahaya. 
img.  Matahari
     Kesadaran adalah Matahari. Kesadaran sebagai warga NKRI belumlah seterang matahari. Masih terlalu tipis hingga nyaris transparan. Ia masih kalah dari kesadaran-kesadaran lain. 
     Bagi suporter bola fanatik, kesadaran sebagai fans tim pujaan lebih tebal daripada kesadaran sebagai warga NKRI. Bagi pendukung kandidat calon pejabat, kesadaran sebagai tim sukses seorang calon lebih tebal daripada kesadaran sebagai penduduk NKRI. Pendukung tim seberang adalah musuh abadi, mereka (dianggap) bukanlah warga maupun penduduk NKRI meski dengan KTP Republik Indonesia. 
     Bagi pebisnis, kesadaran sebagai pemburu keuntungan lebih tebal daripada kesadaran sebagai penunjang ekonomi NKRI. Bagi politikus, kesadaran sebagai abdi partai lebih tebal dari kesadaran sebagai abdi negara. Sebagai abdi negara, kesadaran sebagai tuan lebih tebal daripada kesadaran sebagai pelayan masyarakat, pelayan NKRI. Kesadaran sebagai pribadi NKRI belumlah seterang matahari. 
     Kesadaran adalah Matahari. Tersadar bukan sekedar terbangun. Kesadaran adalah pertemuan antara kerja otak dan rasa di hati. Keduanya berkolaborasi untuk mengidentifikasi objek dan informasi dengan akurat. Kesadaran adalah filter keraguan. 
     Bangsa yang tak kenal jati dirinya, tak tahu sejarah para leluhur, akan menjadi bangsa Amnesia. Ia telah kehilangan kesadaran. Mereka mabuk. Mereka laksana busa di lautan, diombang-ambing bangsa lain, diatur dan didikte sana-sini. 
     Bangsa merdeka adalah bangsa yang berisi individu-individu merdeka. Individu yang memiliki kesadaran, warga yang memiliki kejernihan pikir, bukan manusia-manusia galau bersumbu pendek yang amat rentan diadu domba. Bangsa merdeka adalah bangsa yang sadar sepenuhnya, bahwa Kesadaran adalah Matahari.

*****

No comments:

Post a Comment