Blogger Tricks

Saturday, July 27, 2013

>>>ELANG dan BEBEK

Bebek jalan berbondong-bondong,
elang terbang sendirian
     Sebuah ungkapan favorit Bung Karno pada masa-masa pergolakan mahasiswa yang menentang beliau. Menggambarkan betapa sebuah keputusan seorang pemimpin yang visioner tidak mampu dijangkau oleh pandangan-pandangan jangka pendek dan penuh gelora dari pemilik jiwa-jiwa muda. Bung Karno melengkapinya dengan ungkapan “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”, sebuah pesan yang kita kenal dengan sebutan “Jasmerah”.

Bebek-bebek itu mewakili pandangan-pandangan berdurasi pendek yang begitu mudah dihalau ke arah mana saja sang pengembala inginkan. Penganutnya sangat banyak dan populer di mata masyarakat . 
Elang melambangkan pandangan dan visi jauh ke depan, fokus, terarah dan konsisten. Jumlah pelakunya sedikit dan mungkin pada saat itu hanya Bung Karno sendiri yang mampu melihat permasalahan nyata dari bangsanya.
     Bung Karno mampu melihat jauh ke belakang, ke balik panggung-panggung emas sejarah kerajaan masa lalu sekaligus sanggup menatap ke depan hingga ke balik  punggung-punggung pegunungan yang tegap berdiri di sepanjang kepulauan nusantara. Bung karno begitu mendalami masalah-masalah terkecil sampai kepada urusan-urusan terbesar berskala Internasional dari bangsanya. Pikiran dan pandangan beliau begitu luas untuk hanya dibatasi oleh sekat-sekat negara. Faham yang ditularkan adalah faham yang berciri lokal namun beraroma universal.
     Bangsa tanpa sejarah akan bertemu dengan ketakutan dan kebingungan. Lihatlah bagaimana anak-anak ayam saat jauh dari induknya. Dan pandangan tanpa harapan memancarkan kekosongan dan kehampaan. Perhatikanlah wajah mentari ketika gerhana menyambut harimu. Bangsa kita seharusnya belajar dari sejarah yang agung itu kemudian mengalihkan pandangan dan semangat seluruh rakyat Indonesia kepada impian dan harapan para pendiri negeri. Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, tetaplah bersemangat elang rajawali..!!", sebuah semangat dari Bung Karno bagi bangsa yang masih terus berjuang menggapai mimpi dan harapannya.

*****

No comments:

Post a Comment