Blogger Tricks

Sunday, November 30, 2014

>>>KEMENANGAN SEJATI

     Kemenangan Sejati bukanlah kemenangan saat ini. Kemenangan saat ini hanyalah awal dari kekalahan yang mengintip. Raihlah kemenangan saat menjadi pemenang dan ketika kekalahan mendera. Itulah Kemenangan Sejati. 

     Mabuk oleh kemenangan sama tragisnya dengan kekalapan saat kalah. Mabuk kemenangan akan mempercepat datangnya nestapa dan kalap oleh kekalahan akan menunda kebahagiaan. Kemenangan Sejati tak mengenal kata pemenang dan pecundang. Ia hanya mengenal kata "sementara". Kemenangan sejati dapat dirasakan oleh kedua pihak. Syukur dan tetap membumi saat menang, sabar dan giat belajar saat kalah adalah dua sayap Kemenangan Sejati.
img01. Kemenangan Sejati memiliki dua sayap.
     Kemenangan dan kekalahan akan terus bertukar bagaikan langkah kaki kiri dan kanan. Ketika kanan melangkah lebih dulu, ia tak kan tenggelam dalam euforia kemenangannya. Ia segera bekerja sekuat tenaga untuk menopang seluruh tubuh bangsa. Dengan waktu yang lebih luang kaki kiri akan menggunakan seluruh daya upayanya agar mampu menyiapkan diri lebih baik pada momentum persaingan berikutnya. Idealnya langkah kanan dan kiri akan terus bertukar, walaupun dalam realita sehari-hari, pihak yang paling mampu memanfaatkan peluang dan kesempatanlah yang berhak menerima amanah dari rakyat.

     Kemenangan satu pihak haruslah merupakan kemenangan rakyat seluruhnya. Pembangunan harus bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat pendukung kedua belah pihak. Egoisme kelompok adalah ciri pemenang semu yang menunggu matahari terbenam. Sedangkan kemenangan sejati adalah cahaya bagi kegelapan. Ia akan ditemukan baik pada teriknya siang maupun dalam sunyi dan gelapnya malam .


No comments:

Post a Comment